Sunday 29 August 2010

Pemuda Harapan Pemudi.

jadi begini mapren ,ane lagi pengen serius nih tulisannya, selama bergelut di dunia komputer, dan sekarang ini ane lagi belajar menjadi seorang Pemuda Harapan Pemudi aliyas (php). di dalam kasus ini, ane menggunakan sebuah framework php yang di sebut dengan codeigniter ato klo bahasa heker-hekeran nya sih 'CukI' , klo mau tau artinya tanya saja pada bapak-MU.


oke lanjut mapren, kenapa ane menggunakan CukI ini , yah ada beberapa alasan sih mapren , dan di antaranya adalah :
CukI itu enteng , CukI itu gag banyak aturan karena berlisensi apache/BSD style open source dan itu gag make proposal-proposal kek tai kucing ndak jelas itu [bikin project kok berakhiran proposal] , si CukI jg menggunakan MVC (Model View Controler) dalam pembuatan sebuah web, dan selebihnya deh .
di sini ane akan ngasih contekan ada apa sebenarnya di balik MVC itu dengan bahasa ane tentunya.

-si M yang di sebut sebagai Model , di sini berisi function yang berguna untuk mengupdate atau menambahkan isi dari si database web tersebut. yah dia yang lbh berperan aktif berkoneksi untuk si databasenya , tp gag terlalu hiperaktif kok.

-si V yang di sebut sebagai View , di sini isinya function function yang berguna untuk menampilkan isi dari si web tersebut deh.

-nah dan si C aliyas Controler , di sini dia yang menggabungkan antara si Model dan si View .
yah intinya sih si MVC itu saling berhubungan intim gtu lah, yah biasa orang sebut itu threesome.

oke lanjut lagi gan,di sini ane dalam menggunakan si CukI ini ane membikin sebuah web dengan menggunakan struktur MCV , jadi ane ngebikin Modelnya dolo , trus Controler , dan View , yah soalnya ane lbh gampang begitu mungkin yah.yah sebenernya sih terserah ente dan BAPAK ente aja gan mau bikin pake struktur yang gimana dan gaya apa. kan gaya masing-masing . ini ane contohin dikit dah biar ane jg inget :D , cekidot :

di sini , kita nentuin dolo isi databasenya , ane bikin sebuah DB memew , dan bertabel artikel , dan isi nya kira2 ada : id_artikel,judul_artikel,isi_artikel . yah kira-kira seperti yang di bawah ini deh :

-------- id_artikel
|
|
artikel -------- judul_artikel
|
|
-------- isi_artikel


dan di dalem si modelartike.php di Model ini ane membuat beberapa function sekaligus, yaitu :
-menampilkan isi artikel
-mengupdate isi artikel
-mendelet isi artikel

kira-kira begini gan isi nya :


------------------------code------------------------


function tampilArtikel(){
/* comot apa aja yang di perluin buat nampilin dari database */
}

------------------------code------------------------





karena itu adalah fungsi dari database si artikel ini, yah terserah mau di tambahin jg monggo.
oke lanjut ke Controler, di dalam Controler ane membikin sebuah function yang gunanya adalah fungsi dari Model dan View .
mungkin kira-kira seperti ini:
misalnya pengen nampilin isi artikel code di artikel.php nya seperti ini :





------------------------code------------------------

function nampilinArtikel(){
$data['tampilArtikel'] = /* ngambil fungsi dari Model buat nampilin */
$this->load-view('tampil', $data) /* di tampilin di view di bagian tampil.php*/
}

------------------------code------------------------







dan pada bagian view isi nya kira-kira begini :






------------------------code------------------------

...
...
$this->load->view($
tampilArtikel)
...
...

------------------------code------------------------




di bagian ... itu adalah sintak html dari tampilan si web tersebut.
dan sekian penjelasan ane untuk menjadi seorang Pemuda Harapan Pemudi semoga tetap tampan dan gag ada proposal-proposalan.

No comments:

Post a Comment