Tuesday 19 October 2010

project game ala-ala bum-bum

ciki ciki bum bum ala ala bum bum,
ahahahaha . wasap wasap mamen , di sini ane lagi pengen maenan dengan si java gan , yah ceritanya begini mamen ,pada suatu malam , ane lagi ngobrol2 ama tmn ane , sebut saja mas apeng (nama panggilannya gan) . yah di sini sih ngobrol2in 'HOW TO CREATE A GAME WITH JAVA' iseng2an gtu ane lagi pengen belajar bikin game . misalnya ane lagi pengen bikin game . dan yang musti di tentuin pertama kali adalah :


1. nampilin jendela ato window gan atau background si game
2. gimana background itu bisa di timpah gambar ato nongolin sebuah gambar
3. gimana si gambar itu yang udah di tongolin bisa animasi ato pindah2 gtu deh
4. di sini pembetulan klo ada masalah pada animasi gambar , ato penambahan efek flicker aliyas kedip2 pas gonta-ganti gambar
5. ini bakalan bikin user input, dimana si user bisa gerak2in gambar tersebut
6. yang ini buat efek sound , klo mau pake sound
7. dan yang ini buat bisa jadi fullscreen aliyas tampilan penuh

yah itu kira2 ntr alur si game itu deh gan , dan karena si java ini pake OOP jd mungkin di bikin aja class masing2 :D biar enak gtu deh .
hehehehe.


ohk iya gan, ane ampe lupa, kita kenalan dolo ama si java ahk ,yah untuk belajar bikin game yang di atas jg sih .
di sini ane ngejelasin how to ngebaca java doc aliyas syntax java aja deh biar rada enak, yah sekalian buat catetan ane klo ane lupa gtu. soalnya kemungkinan klo ente apalin ini syntax java bisa-bisa ente mencret darah keluar dari idung , ahahahhahah . yah gag tau jg klo ente-ente sekalian udah kyk mamas oki mah , mungkin bisa afal.

oke deh gan ane ngejelasin dari syntax input output yang begini kira2


package crutcrut;

public class Main {

public static void main(String[] args) {
System.out.println("crutcrut");
}
}


oke deh gan , perhatikan source di atas , jeng jereng jereng.
pada bagian

package crutcrut; <-- ini awal mula terbentuknya sebuah syntax yang ad sangkut paut dari class dan object nya gan :D di bagian yang ini public class main <-- ini adalah bagian class nya gan , kira2 mungkin keterangannya kyk gini gan, jd misalkan ente lagi bikin program nih , dan di situ ada beberapa source code gtu yak , dan ente misalnya narok class cucuk di source 1 , dan tiba2 di source 2 ente pengen manggil ini class cucuk di source 1 , yah jd kemungkinan keterangan dari class cucuk itu yah di public in gtu gan, intinya sih terserah ente mau manggil di mana dan kapan aja. okeh biar lbh jelas lagi ane ibaratin ke dunia pelacuran aja deh biar rada fress otak nya, wahahahaha public class shinta = yah ini si shinta mantan gw, wahahahahah jd misalkan ada bos bos nih lagi pengen shinta, si bos ini lagi ada di luar kota , dan manggil si shinta untuk di ewek di sebuah hotel, trus yah shintanya nurut aja karena si shinta itu emang buat di panggil2 kemana2 aliyas public, kecuali klo si shinta protected nah mungkin si shinta ini gag bakalan mau klo di panggil ke luar kota, yah klo di luar source code si shinta gag mau di panggi, apa lagi klo si shinta ini private ,aliyas privasi, wahahahahah (cuman gw yang boleh make) wakakkaakak, gag dink becanda . mksdnya klo private ini yah cuman di class itu lah si shinta ini di panggil , yah misalnya shinta tinggal di pahoman , yah cuman daerah pahoman aja dia maunya. ahahahahaha coba deh gan buka ini bisa di liat dari situ bahwa di situ package2 dari java ini bertaburan kek tai , nah karena ane pake cuman buat input output cona ke sini gan


oke lanjut ke syntax yang ini

public static void main(String[] args) {

jd di bagian ini adalah bagian method dari si class itu gan, dan di bagian ini sih sebenernya cuman fungsi dari t4 PrintStream untuk menghasilkan tulisan string , bisa di liat di sini pada method summary bagian rada2 bawah.


dan source yang ini gan

System.out.println("crutcrut");

dan ini adalah si object nya gan
sebenernya ini dia ngasih tau gini deh gan, di dalem package
coba pilih aja system en then liat deh di bagian field summary , krn fungsi nya ngirim outputan yah pilih aja yang printstream out en ente liat di bagian method summary lagi ketemu deh fungsi yang buat string[] args)


jd ane ambil kesimpulan dari source yang kek diatas itu yang gini

package crutcrut;

public class Main {

public static void main(String[] args) {
System.out.println("crutcrut");
}
}

di dalem package crutcrut ada bagian public class main(supaya bisa di panggil di beda package) , yang bakalan di isi dengan method untuk penampilan dari String yang bakalan nampilin crutcrut.
huwaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa, begitu deh kira2 gan .
dan untuk mengakhiri ini mendingan ente sering2 baca ini biar enakan, soalnya rada banyak banget nih syntax nya. sebenernya sih klo ente udah bisa baca ini pasti rada enak kok gan mo mbikinnya :D.
yaudah deh gtu aja lah.

bwaakakkakak kok gw ribet banget yak jelasinnya ,
yah intinya sih gag beda jauh ama si Cuki lah konsepnya . soalnya sama2 OOP

No comments:

Post a Comment